Mobile & Wireless is an Independent Blog Concerning Various Information, My Thoughts, Ideas, and Sometime Critics on ICT, Internet, Mobile, Wireless, and Data Communication Technology

Blu-ray Siap Dominasi Format DVD

  • Posted: Tuesday, March 20, 2007
  • |
  • Author: pradhana
  • |
  • Filed under: New Format

"Dalam tiga tahun ke depan ini hanya ada Blu-ray." Hal ini ditegaskan oleh Frank Simonis, pimpinan Blu-ray Disc Association, Eropa, dalam wawancaranya dengan Reuters pada konperensi teknologi CeBIT 2007 di Hanover, Jerman, sebagaimana dikutip eBizzAsia.

Penegasan Simonis ini semata-mata prediksi bahwa Blu-ray akan memenangi perang formatnya dengan HD-DVD, melainkan lebih jauh Blu-ray, nantinya, akan sepenuhnya menggantikan format standar DVD yang sangat popular saat ini, pada tahun 2010.

Perang format antara Blu-ray dan HD DVD mengingatkan kita terhadap perang yang hampir sama puluhan tahun lalu antara videotape berformat VHS dan Betamax. Saat itu, Sony kalah, namun dengan kemungkinan kemenangan Blu-ray saat ini dan ke depan, Sony akan menuai sukses besar. Menurut kalangan pengamat, keberhasilan Blu-ray ini dapat ditelusuri dari banyaknya dukungan perangkat keras yang diberikan bagi pengembangan Blu-ray.

Namun, para analis menampik bahwa perkembangan itu kemudian akan menghilangkan standar DVD dari pasar dengan cepat. Menurut Alison Casey, dari perusahaan riset Understanding & Solutions, yang berbasis di London, kehadiran format baru tidak pada saat yang sama menghilangkan format lama.

Dalam pandangan Casey, para konsumen bisa saja menggebu-gebu ingin membeli pemutar disc definisi-tinggi (high-definition disc players) atau PlayStations 3, namun dalam lima tahun ke depan sebagian besar konsumen masih tetap akan menggunakan standar DVD.

Hanya saja, menurut Casey, ketika perangkat DVD yang digunakan saat ini rusak dan perlu diganti dengan yang baru, misalnya, maka kemungkinan besar mereka akan bertransisi dengan membeli yang definisi-tinggi. Para konsumen memang akan punya kecenderungan untuk meningkatkan-diri, namun hal itu akan berjalan cukup lama, diperkirakan sekitar lima tahun, sampai sebagian besar konsumen benar-benar menggantikan DVD mereka dengan format yang baru.

Di sisi lain, keberadaan PlayStation 3 buatan Sony juga banyak mendorong penggunaan disc Blu-ray, karena PlayStation 3 dapat menggunakan Blu-ray. Hingga kini, setidaknya Sony telah menjual tak kurang dari 2 juta unit PS3 ke Amerika dan Jepang, dan jutaan lainnya ke pasar Eropa dalam mingu-minggu mendatang.

Banyak kalangan menilai bahwa pengaruh PlayStation 3 terhadap pilihan format bermula dari semakin meningkatnya penjualan film-film bioskop, dimana film-film berformat Blu-ray mengungguli film-film yang berformat HD DVD, dua berbanding satu pada bulan pertama tahun 2007. Ditambah lagi, ketika film unggulan pemenang Oscar "The Departed" yang diluncurkan dalam kedua format, terbukti versi Blu-ray terjual sebanyak 20,000 kopi sedang yang berformat HD DVD sebanyak 13,000 kopi.

Keberadaan PlayStation saat ini dan besarnya dukungan dari pembuat perangkat keras yang tampaknya menjadi faktor penting dalam mendorong pilihan ke Blu-ray. Tak pelak, ke depan, diperkirakan Blu-ray akan mendominasi pasar definisi-tinggi.

0 people have left comments

Commentors on this Post-