Mobile & Wireless is an Independent Blog Concerning Various Information, My Thoughts, Ideas, and Sometime Critics on ICT, Internet, Mobile, Wireless, and Data Communication Technology

Smartphones Semakin Populer di Mata Pengguna

Para analis memperkirakan betapapun penetrasi smartphone di pasar, baik di Amerika maupun di banyak negara di dunia, masih relatif sedikit, namun dengan harga jual rata-rata yang sedikit lebih rendah ditambah fungsionalitas yang semakin banyak dan menarik, diperkirakan akan semakin mendorong penggunaan smartphone di tahun-tahun mendatang.

Todd Kort, analis Gartner Dataquest mengatakan bahwa penetrasi smartphone di Amerika hanya sebesar 6 persen, dimana Palm dan Blackberry merupakan dua perangkat bergerak yang paling banyak digunakan.

Namun, melihat kasus di Amerika Serikat ini, Kort melihat bahwa kecilnya penetrasi smartphone lebih dikarenakan penggerak utama penggunaan smartphone adalah pasar konsumen, bukannya pasar bisnis. Padahal, banyak fitur yang dimiliki smartphone sebenarnya ditujukan untuk mengakomodasi penggunaan yang terkait dengan kepentingan kalangan bisnis dan korporat.

Disisi lain, kalangan analis juga melihat bahwa penetrasi penggunaan smartphone di banyak negara di luar Amerika, sebut saja di Indonesia dan negara-negara lainnya di Asia, sebenarnya cukup besar. Bahkan beberapa produk smartphone lebih banyak digunakan di kawasan ini dibandingkan di kawasan lainnya di dunia.

Cliff Raskind, direktur nirkabel global Strategy Analytics, memperkirakan bahwa ketika harga smartphone turun hingga menjadi sekitar 200 dolar AS dan berada di kisaran lebih rendah, penggunaan smartphone di pasar, misalnya Amerika dan Asia, diperkirakan akan meningkat.

Raskind memperkirakan penggunaan smartphone di dalam gedung akan semakin meningkat dan dengan munculnya berbagai smartphone yang berkemampuan konvergensi fixed dan mobile akan menjadi pendorong peningkatan penetrasi smarthone lebih besar lagi.

Meski penggunaan smartphone di Amerika masih sedikit, namun para pengguna cenderung tertarik menggunakan berbagai macam layanan baru. Mark Donovan, vice president, produk dan analis senior M:Metrics, mengungkapkan bahwa 10 persen pengguna smartphone menggunakan layanan mobile TV dibandingkan para pengguna non-smartphone.

Ditambahkan bahwa 49 persen pengguna smartphone melakukan browsing berita dibandingkan sekitar 9 persen para pengguna non-smartphone. Itu lebih karena smartphone memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan perangkat bergerak lainnya.

0 people have left comments

Commentors on this Post-