Mobile & Wireless is an Independent Blog Concerning Various Information, My Thoughts, Ideas, and Sometime Critics on ICT, Internet, Mobile, Wireless, and Data Communication Technology

Smartphone Pengganti Laptop

  • Posted: Monday, January 23, 2006
  • |
  • Author: pradhana
  • |
  • Filed under: My Column

"Sekarang saya tidak lagi membawa-bawa laptop, karena smartphone yang saya miliki sekarang ini sudah sangat canggih.”
David Kelley

David Kelley, pendiri perusahaan desain Ideo dan profesor di Institute of Design, Stanford University, Amerika Serikat, memang tak tengah bercanda, tapi itulah kenyataannya. Saat ini, smartphone telah memiliki berbagai kecanggihan dan keunggulan yang memungkinkan Anda melakukan apa yang sering Anda lakukan di laptop. Misalnya menerima atau mengirim e-mail, membuat laporan penjualan, menyiapkan presentasi bisnis, akses Internet atau Intranet, mendengar musik dan, bahkan, memotret dengan kamera megapiksel, dan sebagainya.

Selama bertahun-tahun, tren pembelian komputer desktop di kantor-kantor telah bergeser dan digantikan laptop. Bukan berarti desktop tak lagi dibutuhkan, namun karena pertimbangan kemudahan dan mobilitas, laptop semakin banyak dipilih. Deni, teman saya yang bekerja di salah satu perusahaan minyak, lebih banyak menggunakan laptop, baik di dalam maupun di luar kantor.

“Semua data dan berkas kerja saya sudah ada di laptop ini, jadi kalau saya harus tugas di luar kota, maka laptop inilah andalan saya. Urusan kirim-terima email, membuat laporan sampai membuat presentasi saya lakukan di laptop ini. Tapi kami tak membelinya, melainkan disewa dari satu perusahaan penyewa,” ujarnya.

Memang, hingga saat ini, yang namanya Laptop masih banyak digunakan, karena selain memiliki kelebihan, portabel, dan mudah dibawa-bawa ke mana saja dibutuhkan. Namun, harganya rata-rata di atas harga desktop. Belakangan, laptop semakin dilengkapi banyak kelebihan dan kapasitasnya pun cukup besar untuk menampung berbagai kebutuhan penggunanya, baik penyimpanan teks, audio maupun video. Kemampuannya terus meningkat, sehingga akses Internet dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Di sisi lain, smartphone memiliki kemampuan yang lebih besar, mumpuni dan didukung tersedianya jaringan nirkabel kecepatan tinggi yang semakin banyak. Harganya pun semakin lebih terjangkau. Hal itu yang membuat smartphone semakin banyak digunakan, baik untuk keperluan komunikasi, akses Internet, kirim-terima email, bahkan menulis artikel dan membuat laporan. Mendengar musik dan mengambil gambar pun kini dapat dengan mudah dilakukan, karena kedua fasilitas itu umum tersedia di berbagai smartphone.

Belakangan, smartphone semakin menarik diterapkan di lingkungan perusahaan, karena sangat mendukung keperluan mobilitas karyawan dalam bekerja. Biaya penyediaannya pun relatif lebih murah. Kalau untuk membeli laptop perusahaan harus mengeluarkan biaya antara US$1.000–US$2.000, maka untuk smartphone antara US$300-US$500, meski ada juga yang mencapai US$ 700-US$800. Yang menarik, dengan smartphone pengguna sekaligus memiliki perangkat setara laptop dan sekaligus ponsel, sehingga otomatis akan mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk pembelian ponsel, selain laptop.

Meski ada beberapa hal yang tak mudah dilakukan di smartphone dibandingkan dengan di laptop, namun smartphone memiliki banyak kelebihan lain. Untuk penggunaan khusus diperlukan beragam jenis perangkat genggam (handheld), yang memang dirancang memiliki fungsi dan fitur tertentu yang dibutuhkan, misalnya oleh perusahaan-perusahaan logistik.

Hanya saja, salah satu pertimbangan penting dalam menggunakan smartphone di perusahaan adalah masalah sekuritinya. Dukungan fitur-fitur sekuritinya sedikit lebih rendah dibandingkan laptop, karenanya masih diperlukan dukungan sistem sekuriti yang lebih baik lagi dari perusahaan, utamanya kalau akan menggunakan smartphone sebagai salah satu perangkat akses ke jaringan perusahaan.

Sekarang ini, kemajuan teknologi berjalan sangat cepat dan ponsel merupakan perangkat portabel yang lebih pintar, lebih kecil dan lebih cepat, sehingga memungkinkan penggunanya terkoneksi dengan kecepatan tinggi ke Internet. Pertanyaannya, apakah smartphone akan benar-benar menggantikan laptop?

Sebenarnya, hal itu sudah terjadi. Kini semakin banyak saja orang yang menggunakan smartphone, dan tidak lagi tergantung dengan laptop. Selain lebih mudah dibawa-bawa, smartphone memiliki dukungan aplikasi yang dulunya lebih banyak tersedia di komputer atau laptop. Akses Internet mudah dilakukan, karena didukung akses nirkabel kecepatan tinggi, yang bisa ditemui baik di kantor, lobi hotel, kafe, bandara dan lainnya. Selain itu, smartphone hanya mengonsumsi seperseratus daya listrik yang digunakan komputer PC.

Kini, jumlahnya semakin banyak. “Suatu hari, saya perkirakan akan ada 2 sampai 3 miliar orang di dunia yang akan menggunakan ponsel dalam kehidupan mereka sehari-hari, tetapi mereka tidak memiliki PC di rumah,” ujar Jeff Hawkins, penemu Palm Pilot dan chief technology officer, PalmOne. "Ponsel akan semakin menjadi bagian dari kehidupan digital mereka." Belakangan, Gartner memprediksi bahwa pada tahun 2009 tak kurang dari 2,9 miliar ponsel akan digunakan di dunia.

Meski tidak semua ponsel terkategori smartphone, namun saat ini, tak kurang dari 1,5 miliar ponsel telah digunakan di dunia, berarti tiga kali lebih banyak dibandingkan PC. Pasar smartphone memang masih sekitar 5 persen, namun menurut Gartner, pertumbuhannya terus melejit.

Berdasarkan penelitian Strategy Analytics, pada 2004 penjualan smartphone mencapai 17,5 juta unit, atau naik 8,2 juta unit pada 2003. Itu berarti hanya 3% dari total penjualan ponsel dunia yang mencapai 684 juta unit. Permintaannya terus meningkat, dimana pada 2009 diperkirakan akan mencapai 250 juta, atau 24% dari total penjualan ponsel dunia yang mencapai lebih dari 1 miliar unit.

“Yang membuat smartphone jauh lebih baik dibandingkan komputer atau laptop adalah bahwa ia merupakan perangkat yang paling sering dibawa ke mana-mana bersama pemiliknya, selalu tersedia dan selalu siap digunakan kapan saja dibutuhkan,” ujar Jeff Hackett, pimpinan firma hukum di Baltimore, yang baru saja mengganti laptop 80 pengacaranya dengan smartphone.

"Anda akan memiliki dukungan jaringan nirkabel kecepatan tinggi yang handal, yang setara dengan jaringan T1 di saku Anda. Itu akan segera terjadi,” tambah Hawkins. Lebih jauh Hawkins memperkirakan, meskipun komputer dan laptop tak sepenuhnya hilang, namun akan lebih banyak digunakan di belakang layar, misalnya di kantor atau di rumah. Sedang kalau bepergian, akan semakin banyak orang yang memerlukan smartphone yang lebih portabel dan berkemampuan lebih besar. Ketika dibutuhkan langsung tersedia, dan tak perlu harus memboot seperti menggunakan laptop.

Sebagian malah dilengkapi kamera digital megapiksel, yang semakin melengkapi kemampuannya dibandingkan laptop. Selain sebagai perangkat komunikasi, juga sebagai komputer, yang lebih murah, kecil dan ringan, sehingga memberikan keunggulan tersendiri dibandingkan laptop.

Belakangan, smartphone malah sudah dilengkapi microdrive, yang memungkinkan penggunanya tak hanya memiliki kapasitas memori ukuran megabytes, melainkan gigabytes. Salah satu alasan utama orang menggunakan laptop adalah karena kapasitas penyimpanannya yang besar, jauh lebih besar jika dibandingkan smartphone. Karenanya, dukungan microdrive berkapasitas gigabytes plus flash memory akan semakin menguatkan fungsi smartphone.

Beberapa smartphone yang dapat dikomparasikan dengan laptop, antara lain Nokia Series 80 (Communicator) atau UIQ phones (Sony Ericsson, Siemens, Motorola). Smartphone ini memiliki prosesor yang cepat, cukup kapasitas RAM dan storage memory, serta berbagai aplikasi yang telah diinstal di dalamnya.

Pernahkan Anda bayangkan bahwa sebuah perusahaan teknologi tinggi mengganti laptopnya dengan komputer PC dan perangkat genggam pintar untuk kurang lebih 700 karyawannya. Alasannya, sang CEO bosan dengan segala kebutuhan biaya pembelian dan dukungan terhadap penggunaan laptop di perusahaannya. “Tapi, kini mereka justru lebih senang. Lihat saja, saya menyediakan sebuah laptop bagi setiap senior eksekutif di perusahaan ini, tapi umumnya mereka menggunakannya hanya untuk tiga aplikasi saja, yakni e-mail, browsing Internet dan Instant Messaging,” ujar sang CEO

Meski sekarang ini laptop masih banyak terjual, namun ke depan smartphone akan benar-benar menggantikan laptop, notebook dan sejenisnya, terutama karena smartphone memiliki tiga kapabilitas utama, yakni komunikasi, yang digabungkan dengan aplikasi komputer, dan konektivitas Internet. Namun, perhatikan angka ini. Kalau pengapalan laptop setiap tahunnya di seluruh dunia mencapai 60 juta, maka ponsel ternyata lebih dari 700 juta dan itu akan terus bertumbuh sangat cepat.

Di sisi lain, smartphone juga menarik minat kalangan pengguna korporat, terutama karena dapat digunakan untuk mengkases berbagai aplikasi korporat, seperti database dan peranti-lunak Customer Relationship Management (CRM).

Hasil survei Signorini menunjukkan bahwa penggunaan smartphone semakin meningkat, yakni 25% dari para pekerja bergerak yang disurvei. Dalam tiga tahun ke depan, diperkirakan akan meningkat menjadi 38%. Peningkatan itu justru terjadi di Asia Pasifik, yang mencapai 37% dari total penggunaan smartphone dunia, dengan Korea Selatan dan Jepang sebagai pengguna terbanyak.

Namun, para pengguna laptop banyak juga yang menyangkal hal itu. Hari ini, laptop umumnya telah didukung kemampuan berbasis Wi-Fi, sehingga memungkinkan mereka menggunakannya di berbagai tempat, baik di bandara, hotel, kafe dan sebagainya, yang telah menyediakan akses nirkabel (hotspot). Selain itu, penggunaan smartphone tidak praktis, karena bentuknya yang kecil. Sean Maloney, eksekutif VP Intel, menyatakan bahwa ratusan juta orang tak akan melupakan begitu saja pengalaman mereka dengan menggantikan layar, mouse dan kibor laptop mereka dengan layar dan kibor kecil yang dimiliki smartphone. Artinya, laptop masih cukup menarik digunakan. Tetapi, smartphone tak kalah menariknya.

Bagaimana dengan Anda, pilih laptop atau smartphone?

4 people have left comments

admin coli said:

You have a website that is very good and definitely good to read because this website gives a lot of information to people
Poker Online
dominoqq
judi domino
domino online
domino online

adminkamprett said:

technology is very rapid, and thank you for making an article about technology that is very interesting to follow
Situs Poker Online
Agen DominoQQ
Domino QQ Terpercaya
Situs DominoQQ

Prabowo Suhgianto said:

Silakan kunjungin website kami, yang menyediakan prediksi angka dan pengeluaran togel online. visit :
Informasi pengeluaran togel,
Pengeluaran Togel Hari Ini,
Data Togel,

jeniffer said:

articles that are on this site are very good for this website made by very genius admin, all information is interesting to get
Agen Dominoqq Terpercaya
Agen QQ Domino Terpercaya
Agen CemeQQ
CemeQQ Online Terpercaya
dominoqq online terbaik
domino qq online
bandar dominoqq
judi qq domino online