Fixed-Mobile Convergence
- Posted: Thursday, February 02, 2006
- |
- Author: pradhana
- |
- Filed under: My Column
Sebenarnya, beberapa tahun lalu, Fixed-Mobile Convergence (FMC) telah menjadi isu sangat menarik di lingkungan industri telekomunikasi, terutama karena mendorong penghematan, baik dalam biaya kapital (capital expenditure) maupun biaya operasional para operator. Namun, karena masih menghadapi perbedaan yang mencolok, seperti kematangan, regulasi, tingkat pertumbuhan dan kecepatan inovasi, FMC belum berhasil diterapkan.
Belakangan, konvergensi ini menarik minat operator, tetapi dengan alasan-alasan yang berbeda. Dengan semakin maraknya penggunaan komunikasi bergerak, baik berbasis GSM (global system for mobile communication) maupun CDMA (code division multiple access), kondisinya semakin kondusif. Selain itu, jumlah pelanggan mobile telah melebihi jumlah pelanggan fixed. Forrester Research malah mengklaim bahwa operator fixed berisiko kehilangan antara 20%-25% pendapatannya karena diambil operator mobile.
Sebagian besar pelanggan malah telah menggunakan, baik telepon selular maupun broadband access untuk berbagai komunikasi sehari-hari. Pilihan teknologi aksesnya pun bermacam-macam, terutama dengan berkembangnya teknologi radio alternatif, selain teknologi selular. Ke depan, kebutuhan komunikasi semakin bervariasi, dimana komunikasi data dan multimedia cenderung meningkat, dan komunikasi suara menurun, meski secara total kebutuhannya bertambah besar dan meningkatkan pendapatan operator.
Fragmentasi Layanan
Menurut Gufron Mahmud, General Manager 3G Business Development, PT Siemens Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan komunikasinya pelanggan saat ini menggunakan bermacam-macam jaringan; di rumah menggunakan jaringan PSTN (fixed network), di luar rumah atau di jalanan menggunakan jaringan bergerak (mobile network), sedang di kantor menggunakan VPN atau jaringan WAN (enterprise network). Belum lagi, perangkat komunikasi yang digunakan dan pengalaman berkomunikasinya pun sangat terfragmentasi. Tak heran, kalau konsumen mulai berharap mendapatkan berbagai layanan dan aplikasi yang hampir sama cukup dengan menggunakan user interface yang lebih umum, tak peduli berbasis jaringan selular, tetap maupun teknologi radio. Tuntutannya jelas, konvergensi.
Belakangan, teknologi-teknologi generasi baru, yang mendukung pengembangan berbagai jenis jaringan, memungkinkan para operator menerapkan strategi Fixed-Mobile Convergence (FMC) atau Fixed-Mobile Substitution (FMS). Tantangan ini dihadapi, baik oleh operator fixed, mobile maupun perpaduan fixed dan mobile. Kalau FMC lebih dipicu oleh operator telepon tetap sebagai strategi bertahan menghadapi mobile, maka sebaliknya FMS dipicu oleh operator mobile. Keduanya, baik fixed maupun mobile, dapat juga menjadi pemicu FMC, terutama untuk memunculkan diferensiasi.
Dengan begitu, berbagai kemajuan teknologi masa kini, baik operator maupun perusahaan, semakin dituntut untuk lebih meningkatkan fokus perhatiannya pada bagaimana secara optimal menyediakan berbagai layanan dan aplikasi yang dibutuhkan, daripada fokus pada berbagai macam teknologi aksesnya.
Karena, ke depan, akan semakin terbuka peluang yang lebih besar untuk mengintegrasikan teknologi LAN nirkabel dengan jaringan pita lebar (broadband) dan selular. Tantangan terbesar akan datang dari apa yang disebut dengan IP Multimedia Subsystem (IMS). IMS merupakan suatu platform yang memungkinkan operator lebih berkonsentrasi meluncurkan aplikasi atau layanan daripada teknologi-teknologi akses vertikal. Hal itu, jelas akan semakin menghilangkan hambatan-hambatan antara jaringan fixed dan mobile, sehingga konvergensi layanan lebih mungkin disediakan.
Janji FMC
Menurut Jennifer Fruehauf, manajer riset F&S ICT, FMC merupakan tren yang bersifat gradual, namun akan sangat berpengaruh. FMC, yang mengintegrasikan teknologi dan layanan fixed dengan mobile menuju suatu jaringan telekomunikasi tunggal, telah mendorong ketertarikan banyak kalangan di industri telekomunikasi, terutama karena:
- FMC dapat mengatasi hambatan-hambatan fisik yang saat ini tidak memungkinkan operator menjangkau semua pelanggan potensialnya dengan semua jenis layanan.
- FMC memungkinkan para penyedia layanan fixed tak lagi dipaksa untuk menggelar jaringan kabel, karena operator mobile mampu mengatasinya.
- FMC memungkinkan para operator menyediakan berbagai layanan, bahkan yang personalized, tanpa tergantung lokasi, teknologi akses, perangkat yang digunakan dan tersedia kapan saja.
- Penyedia layanan Voice over IP (VoIP) memasuki pasar dengan strategi harga yang sangat murah, dan FMC memungkinkan operator menyediakan berbagai macam layanan, baik bagi pelanggan fixed maupun mobile, agar bisa bersaing.
- FMC membantu operator meningkatkan loyalitas pelanggan, mengurangi biaya kapital dan operasional, serta mencarikan sumber-sumber pendapatan baru sebagai ganti kehilangan pendapatan operator dari jaringan fixed.
- Pendapatan operator fixed cenderung terus menurun dari tahun ke tahun, dan FMC berpotensi mengembalikannya.
Kondisi lain yang mungkin kurang diperhitungkan selama ini, baik ketika operator fixed maupun mobile saling bersaing ketat dalam pangsa pasar dan sumber pendapatan yang sama, justru hal itu memunculkan tekanan terhadap ARPU (Average Revenue Per User). Dengan kata lain, ARPU layanan suara tidak meningkat. Di sisi lain, pengaruh substitusi telepon tetap-bergerak (fixed mobile substitution) akan semakin menjadi-jadi, terutama dengan berkembangnya sejumlah tren lainnya:
- Perkembangan VoIP yang sangat cepat akan meningkatkan trafik dari jaringan TDM (time-division-multiplexed) ke IP.
- Biaya layanan komunikasi suara akan mengalami penurunan.
- Pasar layanan-layanan TDM akan semakin matang.
Dalam kondisi semacam itu, FMC justru memberi peluang bagi kalangan operator untuk mengambil kembali trafik komunikasi bergerak masuk ke jaringan tetap dengan menyediakan berbagai layanan konvergen yang lebih menarik.
Perhatian Serius
Meski penerapan FMC diperkirakan akan meningkatkan pendapatan operator hingga 15% (2009), namun hal itu tak mudah direalisasikan. Awalnya, FMC akan lebih didorong oleh operator fixed, terutama karena pendapatan mereka dari layanan suara, mulai secara signifikan digerogoti oleh jaringan bergerak.
Selain itu, operator-operator yang memiliki keduanya, baik fixed maupun mobile, pada saat yang sama, mengalami kondisi yang tak mudah. Karena yang dihadapi lebih pada terjadinya substitusi antara tetap dan bergerak, padahal yang mestinya dikembangkan adalah bagaimana meningkatkan pangsa pasar yang dituju, bukan sebaliknya berkutat pada pasar yang stagnan.
Untuk itu, diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dalam meyakinkan pengelola layanan mobile tentang ketakutan mereka bahwa FMC akan mematikan “si ayam mobile yang menelurkan telur emas”. Memang, janji-janji FMC sangat menarik, tetapi masih panjang jalan untuk mencapai ke sana. Bagi operator yang memiliki baik layanan fixed dan mobile, masih dierlukannya dukungan organisasi internal dan koordinasi yang lebih baik, serta memilih mitra yang tepat di masa datang dan target yang jelas.
Sementara itu, tantangan lain yang tak kalah seriusnya adalah ketika operator tetap berpindah ke jaringan dan layanan yang sepenuh berbasis IP (Internet Protocol). Karena, hal itu akan semakin menantang operator untuk mampu menghadirkan layanan-layanan yang sangat inovatif, yang mendorong kebutuhan pengguna.
FMC di Asia
Di Asia, tampaknya FMC sudah dimulai, khususnya setelah NTT DoCoMO dan NTT Corp mengumumkan bahwa keduanya akan mengembangkan berbagai solusi konvergen. Hal itu, setidaknya mengikuti aliansi Fixed-Mobile antara operator-operator fixed dominan dunia, seperti BT, Telstra, dan Korea Telecom. Banyak kalangan memperkirakan bahwa strategi FMC akan menjadi tren terkuat di industri telekomunikasi dunia dalam tiga tahun ke depan.
Dan, jika hal itu benar-benar terwujud, para pelanggan berharap mereka dapat menggunakan cukup satu handset untuk berkomunikasi, baik ketika berada di rumah, di jalan maupun di kantor. Dari hasil survei, diketahui bahwa layanan-layanan konvergen yang paling diharapkan adalah tekeponi, email, voice mail, SMS dan Instant Messaging (IM). Tetapi, sayangnya, mereka tak mau membayar harga premium, dan ini merupakan tantangan berat yang harus dihadapi operator.
Tren FMC ke depan
- Di negara-negara maju, dengan penetrasi fixed dan mobile yang tinggi, operator fixed incumbent akan menjadi pendorong konvergensi.
- Substitusi Mobile mempengaruhi pendapatan fixed. Data statistik menunjukkan bahwa 30% panggilan mobile justru terjadi di kantor dan rumah (tempat di mana tersedia jaringan tetap). Solusi konvergen justru dapat mengembalikan hal itu ke jaringan fixed.
- VoIP diperkirakan akan juga mendorong perkembangan FMC. Platform IP konvergen di lingkungan enterprise dan meningkatnya broadband diperkirakan akan semakin memacu perkembangan VoIP.
- VoIP diperkirakan akan menjadi standar komunikasi suara di perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan IP-VPN.
- Dengan penetrasi telepon tetap yang rata-rata masih relatif rendah di kawasan Asia Pasifik, terutama dibandingkan Eropa yang telah mencapai 51%, penerapan FMC akan sedikit berbeda.
- Handset yang dilengkapi Bluetooth atau WiFi diperkirakan akan menjadi perangkat ideal bagi keberhasilan FMC.
Search-
E-Commerce Optimization-
Nice Offers, Great Savings-
Recent Comments-
Sponsor Ad-
Blog Feeds-
Sponsor Ad-
You Are The Visitor No:-
Categories-
- 3G Handset (35)
- 3G Networks (3)
- 4G (2)
- Adobe (4)
- Android Phone (16)
- Apple (63)
- Artisteer (1)
- Bandwidth (1)
- Biometric (1)
- Biometric Spending (1)
- Blackberry (15)
- Bluetooth (10)
- BREW (3)
- Broadband (34)
- BTS (2)
- Business Applications (1)
- BWA (1)
- CDMA (6)
- China Mobile (2)
- Cisco (1)
- CPE (1)
- Digital Media (26)
- DTT Service (1)
- Electronic Crime (1)
- FCC White Space (2)
- Femtocell (12)
- Firefox (1)
- Fixed-Broadband (1)
- Fixed-Mobile Convergence (3)
- Gadget (55)
- Global Education (1)
- Go Green (1)
- Google (32)
- Google Android (28)
- Google's Chrome (2)
- GPS Devices (3)
- Handset (34)
- Hard Drive (2)
- HDTV (2)
- Hewlett-Packard (1)
- Home Area Networks (3)
- HSDPA (18)
- HSDPA Handset (1)
- HSPA (3)
- HTC (13)
- IMS (1)
- Inflight WiFi Access (2)
- Internet Camera (2)
- Internet Phone (1)
- Internet Users (2)
- iPad (10)
- iPhone (81)
- iPhone Security (1)
- iPlayer (1)
- iPod (12)
- IPTV (4)
- iTunes (1)
- Laptop (2)
- Latitude (1)
- LBS Infrastructures (2)
- LBS Service (5)
- LG (18)
- LiMo (1)
- Linux (4)
- LTE (31)
- m-payment (2)
- M2M Devices (1)
- Market Survey (77)
- Merger and Acquisition (4)
- Microsoft (11)
- Miscellaneous (104)
- Mobile 3G (21)
- Mobile Advertising (13)
- Mobile Applications (10)
- Mobile Broadband (4)
- Mobile Business (4)
- Mobile Consumers (1)
- Mobile Content (37)
- Mobile Data (3)
- Mobile Device (4)
- Mobile Features (1)
- Mobile Future (1)
- Mobile Gaming (5)
- Mobile Internet (4)
- Mobile Music (2)
- Mobile Network (2)
- Mobile Phone Sales (2)
- Mobile Services (46)
- Mobile TV (20)
- Mobile Web Browser (3)
- Mobile Web Development (1)
- Mobile Web Security (1)
- Mobile WiMAX (34)
- Motorola (22)
- Mozilla (1)
- MP3 Player (5)
- Multimedia (1)
- My Column (37)
- MySpace (6)
- Netbook (4)
- New Format (3)
- New Music Experience (1)
- NextGen Mobile (1)
- Nokia (46)
- Non-Handset (1)
- NTT DoCoMo (8)
- Opera (13)
- Presto Application (1)
- Qualcomm (10)
- RFID (11)
- RIM (4)
- RTIV (1)
- Samsung (27)
- Search Ads (1)
- Skype (7)
- Smartphone (79)
- Social Networking (9)
- Sony Ericsson (29)
- Storage (3)
- Strategic Partnership (3)
- Symbian OS (1)
- Toshiba (1)
- Twitter (2)
- Ultra Mobile Device (2)
- User Generated Content (1)
- Verizon Wireless (3)
- Video Server (1)
- Vision (1)
- VoIP (12)
- VoWi-Fi (1)
- WCDMA (2)
- Web 2.0 (6)
- Wi-Fi (45)
- Wi-Fi Hotspots (4)
- WiMax (59)
- Windows Mobile (12)
- Wireless Service (48)
- Wireless Video (3)
- Yahoo (6)
- YouTube (4)
- Zumobi (1)
- Zune (4)
Blog Archive-
Lemon Twist Blogger Template is an extremely beautiful blogger template created by JackBook.Com based on Lemon Twist Wordpress themes by farfromfearless.com. Thanks to Chris Murphy and Jacky Supit for this great template.
- Copyright © 2008-2011 Mobile & Wireless. All Rights Reserved. Powered by Blogger
- Back To Top
- Log in
- Blogger
- Home
Recommended Links-