Mobile & Wireless is an Independent Blog Concerning Various Information, My Thoughts, Ideas, and Sometime Critics on ICT, Internet, Mobile, Wireless, and Data Communication Technology

Apple iPhone: Kontroversi Yang Membuat Penasaran

Ini dia ponsel musik yang mengundang kontroversi, Apple iPhone. Meski digugat sebuah vendor terkait dengan penggunaan nama merek produknya, iPhone toh tetap melenggang mulus di depan publik awal tahun ini. Terlepas dari kontroversi masalah merek, ponsel musik ini memang membuat pencinta gadget penasaran dan sulit mengabaikannya begitu saja.

Sebagai perangkat pemutar audio digital misalnya, iPhone memiliki gen iPod, minus scrooling wheel yang menjadi ikon iPod. Sebagai gantinya, iPhone mengusung layar warna 3,5 inci widescreen dengan kontrol sentuh untuk memudahkan navigasi daftar lagu, artis, album dan playlist. Apalagi iPhone menyediakan fitur Cover Flow, yang memungkinkan pengguna menjelajahi koleks album musik berdasarkan cover artwork albumnya.

Sebagai perangkat komunikasi, kapabilitas iPhone juga menjanjikan. Semua kontrol diakses dengan mudah melalui layar sentuhnya. Pilihan konektifitasnya juga lengkap. Minus 3G, iPhone menyediakan GSM quad-band, EDGE, Wi-Fi dan Bluetooth 2.0.

Adanya Wi-Fi dan EDGE menyiratkan iPhone siap menjadi peranti komunikasi berbasis Internet. iPhone mendukung hampir sebagian besar layanan email standar industri berbasis IMAP dan POP, seperti Microsoft Exchange, Apple .Mac Mail, AOL Mail, Google Gmail, Yahoo!Mail serta sebagian besar layanan email dari ISP. Untuk urusan berselancar Internet, iPhone menyertakan web browser canggih dan fun-to-use khusus untuk peranti portable, Safari. Seakan belum cukup, Apple juga mengemas iPhone dengan layanan peta Google Maps yang intuitif.

Rencananya, iPhone tersedia dalam kapasitas 4GB dan 8GB, dan akan mulai dipasarkan di pasar AS Juni mendatang. Pengguna dari Asia agaknya harus lebih bersabar karena Apple baru akan memasarkannya di wilayah ini tahun 2008. /aa

0 people have left comments

Commentors on this Post-