Mobile & Wireless is an Independent Blog Concerning Various Information, My Thoughts, Ideas, and Sometime Critics on ICT, Internet, Mobile, Wireless, and Data Communication Technology

11 Juni 2007, Apples Siap Merilis iPhone

iPhone perangkat anyar besutan Apple telah lama menimbulkan rumor dan hype, terutama sejak Steve Jobs menyampaikan keynote di Macworld Expo 2007, San Fransisco, pada bulan Januari. Saat itu terungkap bahwa iPhone akan dirilis pada bulan Juni, tapi tak jelas tanggal berapa. Sejak itu iPhone menjadi perbincangan yang terus bergulir.

iPhone, menurut penuturan Steve Jobs, akan menjadi sebuah perangkat bergerak paripurna, karena menyatukan tiga perangkat ke dalam satu perangkat tunggal, yakni telepon selular, pemutar MP3 iPod berlayar lebar yang memiliki kendali sentuh (touch control), dan perangkat komunikasi Internet.

iPhone akan dikemas dengan sistem operasi versi “OS X” yang memiliki kemampuan true push e-mail melalui Yahoo Mail (juga kompatibel dengan e-mail kantor), dan dilengkapi dengan kamera 2-megapixel, serta layer tampilan berukuran 3.5-inci dengan resolusi lebih tinggi dibandingkan perangkat iPod sebelumnya. iPhone yang akan dirilis memiliki kapasitas sebesar 4MB dan 8MB, yang diperkirakan masing-masingnya akan dijual ke pasar seharga 499 dolar AS dan 599 dolar AS.

iPhone yang akan dipasarkan oleh Cingular Wireless diperkirakan akan dirilis pada tanggal 11 Juni 2007. Bukan kebetulan kalau tanggal yang dipilih bertepatan dengan hari pertama acara ”Apple's Worldwide Developers Conference”, yang dijadualkan dilaksanakan di San Francisco dari tanggal 11-15 Juni 2007. Agendanya tampaknya juga akan dikaitkan dengan Leopard, generasi mendatang dari OS X, yang diperkirakan akan dirilis pada kuartal kedua tahun 2007.

Tampaknya iPhone akan menghadapi persaingan yang cukup berat, karena ada ponsel musik Xpress besutan Nokia dan ponsel Walkman dari Sony Ericsson. Namun, kalangan analis memperkirakan, jika kedua ponsel ini saling bersaing keras, maka Samsung dengan ponsel terbarunya Ultra Music diperkirakan akan mengambil peluang besar ini.

Meski begitu, sejumlah kalangan memperkirakan iPhone akan menuai sukses, meski pertimbangan harga akan sedikit mengganggu. Tetapi keberadaan iPhone justru akan membuatnya sangat potensial membawa ponsel musik masuk ke jalur mainstream.

0 people have left comments

Commentors on this Post-