Mobile & Wireless is an Independent Blog Concerning Various Information, My Thoughts, Ideas, and Sometime Critics on ICT, Internet, Mobile, Wireless, and Data Communication Technology

Ponsel Baru LG Dilengkapi Fitur Google & Yahoo

Tak berapa lama lagi, para pengguna ponsel akan ditawari setidaknya 10 ponsel LG yang sudah diinstal peranti lunak dari Google. Nantinya, jutaan ponsel LG yang baru akan memiliki kemampuan untuk mengakses berbagai layanan Google, seperti Google Maps, Gmail Mobile dan Blogger Mobile, cukup dengan menekan sebuah ikon di menu aplikasi.

"Perangkat bergerak LG, dikombinasikan dengan Google, akan menyediakan bagi para konsumen akses yang mudah ke berbagai layanan Internet kesukaan mereka meskipun tanpa menggunakan komputer PC. Karenanya, hal itu juga akan semakin memudahkan mereka tetap terhubung meskipun sedang di luar kantor atau dalam perjalanan,” ujar Paul Bae, vice president, perencanaan produk LG Electronics Mobile Communications Co.

Perjanjian kerjasama antara LG dan Google ini telah ditandatangani oleh kedua belah pihak pada pameran 3GSM di Spanyol bulan lalu. Ponsel-ponsel pertama yang akan dikapalkan pada kuartal kedua tahun ini akan memasuki pasar Amerika Utara, Eropa dan Asia.

Selain dengan Google, LG juga bekerjasama dengan Yahoo. Nantinya ponsel-ponsel LG jenis tertentu akan mampu mengakses layanan Yahoo, termasuk Yahoo Go untuk Mobile 2.0, Yahoo Mail dan Yahoo Messenger. LG memang bukan perusahaan pertama yang bekerjasama dengan Google dan Yahoo.

Sebelumnya, Motorola Inc. juga telah menjalin kerjasama dengan kedua perusahaan konten dan penyedia layanan mesin pencari papan atas ini. Pesaing LG, Samsung Electronics Co. belum lama ini telah mengumumkan perjanjian yang sama dengan Google yang berbasis di Mountain View, California.

Menurut data IDC, tahun 2006 LG telah mengapalkan tak kurang dari 64,4 juta ponsel, atau naik 17,3 persen dibandingkan tahun 2005. Dengan jumlah pengapalan sebesar itu, menunjukkan bahwa LG menguasai sekitar 6,3 perrsen pangsa pasar ponsel dunia.

0 people have left comments

Commentors on this Post-